ANALISIS TINGKAT FINANCIAL DISTRESS DENGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Asuransi di Bursa Efek Indonesia)

  • Ni Desak Putu Detik Arima Dewi Universitas Udayana
  • Sayu Ketut Sutrisna Dewi Universitas Udayana

Abstract

Financial distress merupakan penurunan kondisi keuangan yang terjadi menjelang kebangkrutan ataupun likuidasi. Investor tentu tidak menghendaki berinvestasi pada perusahaan yang mengalami financial distress. Investor pada perusahaan yang mengalami financial distress cenderung memilih untuk menjual sahamnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis tingkat financial distress dengan model altman Z-score dan menguji pengaruhnya terhadap harga saham. Penelitian dilakukan pada perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2019 yang berjumlah 11 perusahaan. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Model Altman Zscore digunakan untuk menentukan tingkat financial distress. Pengaruh tingkat financial distress terhadap harga saham diuji dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Dengan model Altman Z-score dapat diidentifikasi tingkat financial distress yang dialami perusahaan asuransi sepanjang tahun 2015-2019, yaitu 6 perusahaan tetap berada pada safe zone, 4 perusahaan pernah berada pada grey zone dan 1 perusahaan pernah berada pada distress zone. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa tingkat financial distress berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham. Kepada investor disarankan untuk melakukan analisis financial distress dalam pengambilan keputusan investasi.


Kata kunci: FInancial distress, Altman z-score, Harga saham

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-26
How to Cite
DEWI, Ni Desak Putu Detik Arima; DEWI, Sayu Ketut Sutrisna. ANALISIS TINGKAT FINANCIAL DISTRESS DENGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Asuransi di Bursa Efek Indonesia). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 338 - 357, feb. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73576>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i02.p07.
Section
Articles