MENAKAR STRATEGI GOVINDA SPORT MENYIKAPI PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DARI KONVENSIONAL KE ONLINE SHOPPING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mengatasi perubahan perilaku konsumen dari konvensional ke online shopping dan Govinda Sport Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan in depth interview menggunakan aplikasi Zoom. Informan ditentukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan online shopping lebih efisien waktu, terdapat banyak varian produk dan bisa berkomunikasi lebih baik. Namun, tidak dapat melihat kondisi fisik barang secara langsung dan risiko barang rusak saat pengiriman. Toko Govinda Sport telah menerapkan strategi Bauran Pemasaran pada toko konvensional dan Online. Namun keuntungan yang didapat dari online masih jauh lebih sedikit dengan keuntungan pada konvensional, karena tingkat penjualan yang masih rendah dan belum terdapat SDM yang memiliki keahlian dibidang digital marketing. Strategi yang dilakukan manajemen adalah menambah SDM dibidang digital marketing, melakukan promosi di Instagram dan kemudian mendorong kosumen untuk bertransaksi melalui toko online Govinda Sport yang di marketplace
Kata kunci : Perilaku konsumen, strategi pemasaran, online shopping, bauran pemasaran