PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION

  • Ni Made Ayu Sutariningsih Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Jaya Agung Widagda K Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan teknologi di era globalisasi ini sangat pesat. Social media marketing penting bagi strategi pemasaran. Social media marketing harus dilakukan dengan kreatif dan menarik untuk membentuk brand awareness sehingga dapat meningkatkan purchase intention. Studi ini bertujuan untuk menjelaskan peran brand awareness memediasi pengaruh social media marketing terhadap purchase intention. Obyek penelitian adalah produk Chatime di Kota Denpasar. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner online dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Metode penentuan sampel yang digunakan pada penelitian adalah non probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis mengunakan analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dan brand awareness; brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention; brand awareness memediasi secara signifikan pengaruh social media marketing terhadap purchase intention. Perusahaan Chatime sebaiknya menambah fitur avatar, giveaway, quiz, voucher, fun fact dan bintang iklan, serta membuat iklan informatif dan iklan yang menarik seperti : pengunaan animasi, karakter, musik, dan gambar maupun font yang unik.


Kata kunci: social media marketing, brand awareness, purchase intention

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-15
How to Cite
SUTARININGSIH, Ni Made Ayu; WIDAGDA K, I Gusti Ngurah Jaya Agung. PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 145 - 164, feb. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/68273>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i02.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)