STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN PERAK DENGAN METODE ANALISIS SWOT PADA USAHA SSS SILVER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dominan dari kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman pada usaha kerajinan perak SSS Silver dalam menjalankan usahanya dan menentukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada usaha kerajinan perak SSS Silver dalam rangka mengembangkan usahanya. Jumlah responden yang merupakan pihak manajemen SSS Silver yang menjadi sampel penelitian adalah sebanyak 3 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal dominan yang mempengaruhi usaha kerajinan perak SSS Silver dalam menjalankan operasional perusahaannya adalah faktor kekuatan, sedangkan faktor eksternal yang dominan adalah faktor peluang usaha yang dimiliki SSS Silver. Berdasarkan hasil analisis SWOT, maka strategi yang tepat digunakan oleh usaha kerajinan perak SSS Silver adalah model strategi SO yaitu strategi yang menggunakan kekuatan (Strength) dan dengan memanfaatkan peluang (Opportunies).
Kata Kunci: kerajinan perak, strategi pengembangan, SSS Silver, SWOT