PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL, DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • I Dewa Gede Agung Putra Widyatmika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gede Riana Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepusasan kerja dan komitmen organisasional pada Hotel Pita Maha Resort & Spa Ubud, untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional pada Hotel Pita Maha Resort & Spa Ubud, dan untuk mengetahui peran mediasi kepuasan kerja pada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional pada Hotel Pita Maha Resort & Spa Ubud. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja pada Hotel Pita Maha Resort & Spa Ubud yang berjumlah 102 orang. Data jumlah karyawan Hotel Pita Maha Resort & Spa Ubud tahun 2018. Sampel ditentukan sebanyak 102 orang dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada karyawan Hotel Pita Maha Resort & Spa Ubud dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif rata-rata hitung serta uji asumsi klasik dan analisis jalur serta uji sobel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, variabel  kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dan variabel kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi parsial pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi pada Hotel Pita Maha Resort & SPA Ubud.


Kata Kunci: komitmen organisasional, kepuasan kerja, kepemimpinan transformasional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-30
How to Cite
PUTRA WIDYATMIKA, I Dewa Gede Agung; RIANA, I Gede. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL, DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 10, p. 3486 - 3505, oct. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/63420>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i10.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>