PENGARUH WOM, KUALITAS JASA, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET TOUR PT BOLAEMAS SUMATERA TRAVEL
Abstract
Pengkajian bermaksud untuk menganalisis pengaruh WOM, kualitas jasa, dan harga terhadap keputusan pembelian paket tour PT Bola Emas Sumatera Travel di kota Medan. Fenomena peningkatan jumlah komplain pelanggan pada tahun 2019, tingginya harga paket tour dibandingkan dengan pesaing, dan tidak tercapainya target penjualan selama beberapa bulan melatarbelakangi penelitian. Simple random sampling digunakan sebagai metode untuk mengambil sampel. Sample yang digunakan berjumlah 188 responden. Metode analisis data digunakan regresi linear berganda. Hasilnya yaitu adalah WOM dan kualitas jasa tidak mempunyai pengaruh yang positif secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket tour PT Bola Emas Sumatera Travel. Harga mempunyai pengaruh yang negatif secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket tour PT Bola Emas Sumatera Travel. WOM, kualitas jasa, dan harga mempunyai pengaruh yang positif secara simultan terhadap keputusan pembelian paket tour PT Bola Emas Sumatera Travel.
Kata kunci : WOM; kualitas jasa; harga; keputusan pembelian