MENGOPTIMALKAN KOMUNITAS MEREK: ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI DARI IKATAN PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini secara empiris mengkaji faktor-faktor kritis dalam pengelolaan komunitas merek dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan tersebut relevan dengan tujuan penelitian yakni untuk menganalisis cara mengoptimalkan komunitas merek dengan menelaah secara mendalam Critical Success Factors (CSF) komunitas merek Harley-Davidson di Indonesia. Responden yang diambil merupakan tokoh–tokoh kunci di komunitas merek Harley-Davidson yang memiliki kontribusi di komunitas. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara (in depth interview) dengan pertanyaan semi terstruktur untuk mendapatkan data mengenai Critical Success Factors (CSF) dari komunitas merek Harley-Davidson di Indonesia. Konsistensi data diuji dengan menggunakan metode triangulasi sumber untuk menganalisis validitas dan sekaligus memperkaya data. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa bahwa kelima Critical Success Factors (CSF) yang diteliti mendukung kesuksesan implementasi strategi komunitas merek Harley Davidson di Indonesia. Adapun kelima Critical Success Factors (CSF) tersebut yaitu ikatan dengan merek, faktor sosial, faktor fungsional, faktor hiburan, dan faktor ekonomi. Menariknya terdapat dua faktor pendukung yang mempengaruhi efektivitas dari strategi komunitas merek yakni produk dan pelanggan.
Kata Kunci : Critical Success Factors (CSF), komunitas merek, loyalitas