ANALISA POTENSI BERSAING PASAR TRADISIONAL TERHADAP PASAR MODERN DI KOTA DENPASAR DAN KABUPATEN BADUNG

  • AA. Gde Agung Artha Kusuma Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Ayu Diantini
  • I Gst Bagus Honor Satrya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi bersaing pasar tradisional di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung dengan menggunakan parameter bauran pemasaran (marketing mix) yaitu harga produk, promosi dan tempat. Dalam penelitian ini diambil 100 pengunjung pasar sebagai sample dari populasi pelanggan pasar tradisional dengan cara interview dan pemberian kuesioner. Tehnik yang diggunakan dalam pengambilan data ini menggunakan purposive sampling nonprobabilitas. Berdasarkan penemuan dari interview dan kuesioner menunjukan bahwa minat pengunjung pasar tradisional mengalami penurunan walaupun persepsi konsumen pasar tradisional terhadap aspek harga, produk dan lokasi secara keseluruhan diniliai positif oleh pengunjung pasar trdisional. Pasar tradisional di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung sebenarnya masih memiliki potensi bersaing yang sangat tinggi terhadap pasar tradisional terutama untuk pasar-pasar utama (pasar Kumbasari, pasar Bringkit, pasar Seni Kuta) terutama  pasar tradisional yang semakin mengkhususkan terhadap produk yang dijualnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-07-10
How to Cite
KUSUMA, AA. Gde Agung Artha; DIANTINI, Ni Nyoman Ayu; SATRYA, I Gst Bagus Honor. ANALISA POTENSI BERSAING PASAR TRADISIONAL TERHADAP PASAR MODERN DI KOTA DENPASAR DAN KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 7, july 2013. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5843>. Date accessed: 05 dec. 2024.
Section
Articles

Keywords

pasar tradisional, bauran pemasaran, pemasaran dan persaingan