PERUMUSAN STRATEGI BISNIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA PT. TIRTA MUMBUL JAYA ABADI SINGARAJA
Abstract
PT.Tirta Mumbul Jaya Abadi Singaraja merupakan perusahaan yang memproduksi air minum dengan merek Yeh Buleleng. Munculnya beragam produk AMDK baik yang datang dari luar Bali maupun dari Bali mengakibatkan meningkatnya persaingan bisnis pada industri AMDK di Bali. Penelitian ini memiliki bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman yang dimiliki PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi Singaraja, mengtahui strategi bisnis serta implikasinya dalam mengadapi persaingan. Metode penelitian yang digunakan adalah matriks IE (Internal-Eksternal). Tujuan dari penggunaan matriks IE (Internal-Eksternal) untuk merumuskan strategi perusahaan untuk tingkat perusahaan ke lebih detail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran V pada matriks IE, yang berarti perusahaan berada dalam kondisi "menjaga dan mempertahankan". Skor EFE sebesar 2.512 dan skor IFE sebesar 2.582. Perusahaan dapat menggunakan strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk untuk meningkatkan volume penjualan dan laba perusahaan.