PENGARUH KOMPENSASI DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL TENAGA KERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP TABANAN

  • Dewa Ayu Diah Kumala Dewi Universitas Udayana
  • Putu Saroyini Piartrini Universitas Udayana

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik akan membantu menyesaikan tugas-tugas dari organisasinya, selain itu loyalitas juga sangat penting guna membangun komitmen didalam suatu organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompensasi, keselamatan dan kesehatan kerja terhadap komitmen organisasional. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 159 tenaga kerja, dengan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara secara langsung. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa kompensasi dan keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional tenaga kerja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan. Bagi organisasi diharapkan lebih memperhatikan lagi cara pemberian kompensasi dengan menyesuaikan UU yang berlaku dan ditingkatkan padabagian K3.


Kata kunci  : Kompensasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Komitmen Organisasional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-03
How to Cite
DEWI, Dewa Ayu Diah Kumala; PIARTRINI, Putu Saroyini. PENGARUH KOMPENSASI DAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL TENAGA KERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP TABANAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 1297 - 1317, apr. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/56663>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i04.p04.
Section
Articles