HUBUNGAN VARIABEL DEMOGRAFI DENGAN RESPON KONSUMEN TERHADAP IKLAN PRODUK KOPI MEREK TOP COFFEE DI KOTA DENPASAR

  • Hamzan Wadi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Gede Bayu Rahanatha Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Wings Food adalah perusahaan yang sedang gencar melakukan periklanan untuk memperkenalkan produk baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan variabel demografi (usia, pendapatan, jenis kelamin dan pendidikan) dengan respon konsumen terhadap iklan produk kopi merek TOP Coffee di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 120 responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan chi square analysis. Analisis menunjukkan variabel demografi (usia, pendapatan, jenis kelamin dan pendidikan) memiliki hubungan yang signifikan dengan respon konsumen. Artinya, semakin tinggi usia responden akan memiliki respon konsumen yang semakin baik, semakin rendah pendapatan responden akan memiliki respon konsumen yang semakin baik, jenis kelamin laki-laki memiliki respon konsumen yang lebih baik dibandingkan jenis kelamin perempuan dan semakin rendah tingkat pendidikan responden akan memiliki respon konsumen yang semakin baik.

Kata kunci : variabel demografi, respon konsumen, periklanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-07-23
How to Cite
WADI, Hamzan; BAYU RAHANATHA, Gede. HUBUNGAN VARIABEL DEMOGRAFI DENGAN RESPON KONSUMEN TERHADAP IKLAN PRODUK KOPI MEREK TOP COFFEE DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 9, july 2013. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5481>. Date accessed: 15 may 2024.
Section
Articles

Keywords

variabel demografi, respon konsumen, periklanan.