PERAN KEPUASAAN DALAM MEMEDIASI PENGALAMAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI KEMBALI
Peran kepuasan dalam memediasi pengalaman berbelanja terhadap minat beli kembali
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman berbelanja terhadap minat beli kembali, serta mengetahui peran kepuasan dalam memediasi pengaruh pengalaman berbelanja dan terhadap minat beli kembali. Penelitian dilakukan di Zara Beachwalk dengan sampel sebanyak 95 orang yang merupakan konsumen produk fashion Zara. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada para konsumen produk fashion Zara di Beachwalk. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa variabel pengalaman berbelanja dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kembali. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel kepuasan memediasi pengaruh pengalaman berbelanja terhadap minat beli kembali secara parsial. Saran yang dapat diberikan kepada manajemen produk fashion Zara di Beachwalk adalah manajemen harus mampu menciptakan pengalaman berbelanja yang baik bagi konsumen sehingga kepuasan yang dirasakan ketika berbelanja akan meningkat dan minat beli kembali konsumen akan menjadi tinggi.
Kata kunci: minat beli kembali, kepuasan, pengalaman berbelanja