PENGARUH LEVERAGE, FIRM SIZE, PROFITABIlITAS TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ayuningtyas Putri Saraswati Saraswati Udayana University
  • Ni Putu Santi Suryantini Universitas Udayana

Abstract

Perdagangan internasional yang dilakukan oleh perusahaan multinasional dapat menimbulkan risiko yang akan ditanggung perusahaan. Risiko fluktuasi kurs valuta asing merupakan risiko terbesar yang mempengaruhi kegiatan perdagangan internasional sehingga untuk mengurangi dampak dari risiko tersebut perusahaan melakukan manajemen risiko dengan menggunakan kebijakan hedging. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh leverage, firm size, dan profitabilitas terhadap keputusan hedging pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia pada periode 2013-2017. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan mendapat sampel sebanyak 107 perusahaan dan 535 firm year observation. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio sebagai proksi dari leverage memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan hedging, Ln(total asset) sebagai proksi dari firm size memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan hedging dan return on asset sebagai proksi dari profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputsan hedging.


Kata kunci: leverage, firm size, profitabilitas, hedging

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-03
How to Cite
SARASWATI, Ayuningtyas Putri Saraswati; SURYANTINI, Ni Putu Santi. PENGARUH LEVERAGE, FIRM SIZE, PROFITABIlITAS TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 5, p. 2999 - 3027, may 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/45237>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p15.
Section
Articles