PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI ULANG (Studi pada Smartphone Samsung di Kota Denpasar)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran brand image dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap niat beli ulang. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Jumlah sampel sebanyak 105 responden, dengan metode non probability sampling. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu, tingkat pendidikan minimal SMA/sederajat, sudah pernah membeli produk smartphone Samsung, mengetahui informasi mengenai produk smartphone Samsung, dan berdomisili di Kota Denpasar. Data primer diperoleh dengan menyebar kuisioner dan dianalisis memakai SEM (Structural equation modeling) yang memiliki basis component ataupun variance yaitu PLS (Partial Least Square). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, kualitas produk dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang, brand image mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap niat beli ulang.