PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY DAN BRAND EQUITY

  • Gusti Bagus Yopi Brangsinga Universitas Udayana
  • Tjok Gde Raka Sukawati Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived quality dan brand image terhadap brand loyalty dan brand equity. Penelitian ini berbentuk asosiatif dan dilakukan pada konsumen handphone Samsung Galaxy. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 orang yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dianggap dapat mewakili populasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 16.00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Perceived quality dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Hal ini berarti perceived quality dan brand image yang baik akan membentuk brand equity yang baik pula bagi perusahaan. Perceived quality dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Saat perceived quality konsumen terhadap merek baik dan brand image yang dihasilkan baik pula maka akan terbentuk brand loyalty konsumen. Lalu brand loyalty berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Dengan adanya brand loyalty konsumen hal tersebut akan menambah nilai positif yang dimiliki merek dan akan menambah brand equity merek maupun perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-03
How to Cite
BRANGSINGA, Gusti Bagus Yopi; SUKAWATI, Tjok Gde Raka. PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY DAN BRAND EQUITY. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 2125 - 2151, apr. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/43815>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p09.
Section
Articles