PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY DAN BRAND EQUITY
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived quality dan brand image terhadap brand loyalty dan brand equity. Penelitian ini berbentuk asosiatif dan dilakukan pada konsumen handphone Samsung Galaxy. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 orang yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dianggap dapat mewakili populasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 16.00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Perceived quality dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Hal ini berarti perceived quality dan brand image yang baik akan membentuk brand equity yang baik pula bagi perusahaan. Perceived quality dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Saat perceived quality konsumen terhadap merek baik dan brand image yang dihasilkan baik pula maka akan terbentuk brand loyalty konsumen. Lalu brand loyalty berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Dengan adanya brand loyalty konsumen hal tersebut akan menambah nilai positif yang dimiliki merek dan akan menambah brand equity merek maupun perusahaan.