PENGARUH CR, DER, ROA, DAN PER TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI DI BEI

  • Indah Sulistya Dwi Lestari Universitas Udayana
  • Ni Putu Santi Suryantini Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat stabilitas harga saham disebuah perusahaan Pharmacy yang terdapat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2014 - 2016 dengan menggunakan beberapa variabel seperti CR, DER, ROA dan PER. Penelitian kali ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis fundamental yang mengacu pada analisis terhadap kinerja perusahaan yang digunakan untuk memprediksi harga saham di masa yang akan datang. Metode penentuan sampel pada penelitian ini didasarkan pada teknik purposive sampling yang sudah sesuai dengan krtiteria dari delapan perusahaan farmasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi non partisipan dengan menggunakan data yang terdapat dalam BEI. Pengujian terhadap hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap harga saham apabila menggunakan CR, DER, ROA dan PER. Sebaliknya, PER berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan farmasi periode tahun 2014—2016.


Kata Kunci: analisis fundamental, current ratio, debt to equity ratio, Return on Asset , price earning ratio, harga saham

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-03
How to Cite
LESTARI, Indah Sulistya Dwi; SURYANTINI, Ni Putu Santi. PENGARUH CR, DER, ROA, DAN PER TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI DI BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 1844 - 1871, mar. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/43776>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i03.p24.
Section
Articles