PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEBAYA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UD. MAHA KEMALA DI DENPASAR - BALI

  • I Gusti Agung Galuh Ardhaningrat Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Alit Suryani Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

UD. Maha Kemala merupakan salah satu rumah mode yang menjual kebaya di Denpasar dan sedang dalam tahap pertumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis, dengan purposive sampling jumlah sampel ditetapkan 105 responden. Analisis menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil tersebut memliki arti, semakin baik penerapan strategi bauran pemasaran, maka tingkat kepuasan pelanggan akan semakin tinggi. Kepuasan pelanggan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin besar tingkat kepuasan pelanggan, maka pengaruhnya akan semakin kuat terhadap keputusan pembelian. Bauran pemasaran juga dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan. Artinya, semakin baik penerapan bauran pemasaran, maka melalui kepuasan pelanggan tingkat keputusan pembelian akan semakin tinggi.

Kata kunci : bauran pemasaran, kepuasan pelanggan, keputusan pembelian

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-02
How to Cite
GALUH ARDHANINGRAT, I Gusti Agung; SURYANI, Alit. PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEBAYA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UD. MAHA KEMALA DI DENPASAR - BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 3, mar. 2013. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/4361>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

auran pemasaran, kepuasan pelanggan, keputusan pembelian