FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ACER DI KOTA DENPASAR

  • Nyoman Utama Prayatna Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Abdullah Jawas Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian  laptop merek Acer di Kota Denpasar dan variabel yang mewakili setiap faktor-faktornya. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 105 responden dengan teknik non probability sampling . Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner yang kemudian diolah menggunakan software SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) dengan menggunakan teknik analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis dan bauran pemasaran adalah faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian laptop merk Acer di Kota Denpasar. Variabel-variabel yang mewakili setiap faktor adalah : (1) variabel sub-budaya, (2) variablel teman , (3) variabel kepribadian diri, (4) variabel persepsi , dan (5) variabel saluran distribusi. Implikasi yang diharapkan dari penelitian ini adalah kebijakan-kebijakan pemasaran untuk konsumen sebaiknya menggunakan pendekatan-pendekatan pada faktor budaya, seperti iklan yang menampilkan bagaimana keseharian aktivitas masyarakat yang membutuhkan laptop sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan teknologi dan informasi sehingga faktor budaya menjadi pertimbangan dalam memilih laptop merek Acer.

Kata kunci : faktor-faktor, perilaku konsumen, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-02-05
How to Cite
UTAMA PRAYATNA, Nyoman; JAWAS, Abdullah. FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ACER DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 2, feb. 2013. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/4271>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

faktor-faktor, perilaku konsumen, keputusan pembelian