PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap citra merek pada latop Apple macbook, untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap niat beli pada produk laptop Apple macbook, dan untuk mengetahui peran citra merek dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap niat beli. Populasi penelitian ini adalah seluruh responden yang berdomisili di Kota Denpasar yang mempunyai niat untuk membeli laptop Apple macbook. Sampel sebanyak 112 orang responden dari seluruh wilayah Kota Denpasar. Data di analisis menggunakan Metode PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk dan citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli pada laptop Apple macbook, dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek pada laptop Apple macbook. Hasil juga menunjukkan bahwa citra merek mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap niat beli.
Kata Kunci: kualitas produk, citra merek , niat beli