PERAN BRAND EQUITY MEMEDIASI PENGARUH IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KUTUS-KUTUS DI KOTA DENPASAR

  • Ida Ayu Rai Wasundari Universitas Udayana
  • I.Gst.A.Kt.Gd. Suasana universitas udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap brand equity, pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian, pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian serta peran brand equity dalam memediasi pengaruh iklan terhadap keputusan konsumen produk Kutus-Kutus. Sampel dalam penelitian ini adalah warga Kota Denpasar yang sudah membeli produk Kutus-Kutus. Penentuan sampel dalam penelitian ini memakai metode non probability sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 120 orang. Teknik analisis yang dipakai yaitu teknik analisis jalur atau path analysis dan uji sobel. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklan dengan brand equity, iklan dengan keputusan pembelian, brand equity dengan keputusan pembelian. Brand equity dapat berperan sebagai variabel mediasi antara pengaruh iklan dengan keputusan pembelian. Hasil tersebut menandakan bahwa iklan yang positif dapat meningkatkan brand equity yang nantinya akan berpengaruh terhadap keputusan dari konsumen untuk membeli suatu produk.


Kata Kunci: iklan, brand equity, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-03
How to Cite
RAI WASUNDARI, Ida Ayu; SUASANA, I.Gst.A.Kt.Gd.. PERAN BRAND EQUITY MEMEDIASI PENGARUH IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KUTUS-KUTUS DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 646 - 672, feb. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/41591>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p03.
Section
Articles