PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk KFC di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis) dan Uji Sobel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra merek, hal tersebut berarti semakin baik kualitas produkmaka akan semakin tinggi citra merek. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini menunjukkan semakin baik kualitas produk yang dirasakan maka akan semakin tinggi tingkat keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal tersebut berarti semakin tinggi citra merek maka akan semakin tinggi tingkat keputusan pembelian. Citra merek mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, hal tersebut berarti citra merek memediasi pengaruh kualitas produk ke keputusan pembelian secara parsial.
Kata Kunci: kualitas produk, citra merek, keputusan pembelian