FASHION INVOLVEMENT MEMPENGARUHI EMOSI POSITIF DAN HEDONISME TERHADAP IMPULSIVE BUYING DI GERAI ZARA BALI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fashion involvement mempengaruhi emosi positif dan hedonisme terhadap impulsive buying konsumen produk fashion dalam konteks berbelanja. Dengan menggunakan model fashion involvement maka riset ini dikembangkan untuk menggali faktor-faktor yang berdampak pada impulsive buying oleh emosi positif dan hedonisme. Model tersebut diuji melalui kuisioner dari 85 responden yang pernah berbelanja di Zara Bali. Analisis yang digunakan adalah outter model dan inner model yang hasilnya didapat melalui program PLS. Hasil penelitian menemukan variabel fashion involvement, emosi positif dan hedonisme berpengaruh positif terhadap impulsive buying. Implikasi penelitian ini bawa fashion involvement memberi kontribusi pada emosi positif dan hedonisme terhadap impulsive buying. Implikasi teoritis penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan studi lanjutan yang relevan dan menambah referensi terhadap variabel yang diteliti. Implikasi praktis yang diperoleh bahwa hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam menetapkan strategi pemasaran perusahaan
Kata kunci: fashion involvement; emosi positif; hedonisme; impulsive buying.