PENGARUH GREEN MARKETING DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK SPA BALI TANGI
Abstract
Pemanasan global memberikan berbagai dampak yang buruk bagi lingkungan. Kerusakan yang semakin parah mendorong kepedulian masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungannya. Munculnya isu-isu mengenai pemanasan global direspon oleh perusahaan-perusahaan dengan memperkenalkan konsep pemasaran hijau yang dikenal dengan nama green marketing, serta adanya kontribusi yang dilakukan perusahaan terhadap lingkungan sosial atau tanggung jawab sosial perusahaan yang disebut dengan corporate social responsibility (CSR), yang kemudian dapat membentuk persepsi masyarakat terhadap brand image perusahaan. Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh green marketing dan CSR terhadap brand image produk SPA Bali Tangi di Kota Denpasar, dimana penelitian ini dilakukan terhadap konsumen produk SPA Bali Tangi di sekitar Kota Denpasar. Jumlah responden yang diambil adalah sebanyak 105 responden. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan nonprobability sampling, melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert dengan nilai 1 adalah sangat tidak setuju sampai dengan 5 yaitu sangat setuju. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, serta CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image.