PERAN KUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN

orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing,kinerja pemasaran

  • Komang Aditya Nanda Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Made Rastini Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, dan kinerja pemasaran.Penelitian dilakukan pada industri genteng di Desa Pejaten dengan populasi yang digunakan yaitu seluruh manajer sekaligus pemilik usaha genteng di Desa Pejaten serta ukuran sampel sebesar 100 orang berdasarkan perhitungan jumlah indikator dikali 5 sampai 10. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur 13 indikator.Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah path analysis (analisis jalur).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keunggulan bersaing belum mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-28
How to Cite
KUSUMA, Komang Aditya Nanda; RASTINI, Ni Made. PERAN KUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 4240 - 4268, july 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/31115>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles