PERAN KUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN
orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing,kinerja pemasaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, dan kinerja pemasaran.Penelitian dilakukan pada industri genteng di Desa Pejaten dengan populasi yang digunakan yaitu seluruh manajer sekaligus pemilik usaha genteng di Desa Pejaten serta ukuran sampel sebesar 100 orang berdasarkan perhitungan jumlah indikator dikali 5 sampai 10. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur 13 indikator.Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah path analysis (analisis jalur).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keunggulan bersaing belum mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran.