PENGARUH INOVASI RAMAH LINGKUNGAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI DAYA SAING PRODUK RAMAH LINGKUNGAN

  • I Made Septian Pradnyan Dana UNIVERSITAS UDAYANA
  • Ni Nyoman Kerti Yasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi ramah lingkungan dan kelengkapan produk terhadap kinerja pemasaran melalui daya saing produk ramah lingkungan Simantri Gapoktan di Kabupaten Tabanan. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah variabel inovasi ramah lingkungan, kelengkapan produk, daya saing produk ramah lingkungan dan kinerja pemasaran. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 Simantri Gapoktan, dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Sobel menggunakan Path Analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel inovasi ramah lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran Simantri di Kabupaten Tabanan, variabel kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran Simantri di Kabupaten Tabanan, variabel daya saing produk ramah lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran Simantri di Kabupaten Tabanan, dan variabel daya saing produk ramah lingkungan memediasi pengaruh inovasi ramah lingkungan dan kelengkapan produk terhadap kinerja pemasaran Simantri di Kabupaten Tabanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-03
How to Cite
DANA, I Made Septian Pradnyan; YASA, Ni Nyoman Kerti. PENGARUH INOVASI RAMAH LINGKUNGAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI DAYA SAING PRODUK RAMAH LINGKUNGAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 7, p. 3738 - 3765, july 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/30407>. Date accessed: 19 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

inovasi ramah lingkungan, kelengkapan produk, daya saing produk ramah lingkungan, kinerja pemasaran.