ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM (Studi Kasus di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem)

  • I Nyoman Padma Widyantara
  • I Gusti Agung Ketut Sri Ardani

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran telur ayam di Kabupaten Karangasem. Penelitian dilakukan di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug Kabupaten Karangasem. Jumlah sampel yang diambil 32 sampel terdiri dari 16 peternak dan 16 pedagang. Pengambilan sampel memakai metode probability purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Penelitian menggunakan teknik analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity  dan Treath). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I. Ini berarti posisi perusahaan sangat menguntungkan. Peternakan ayam petelur di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran telur ayam di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug mengalami peningkatan yang pesat. Oleh karena itu, peternakan ayam petelur harus memperhatikan kualitas telur untuk menjaga kepercayaan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-03
How to Cite
WIDYANTARA, I Nyoman Padma; SRI ARDANI, I Gusti Agung Ketut. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM (Studi Kasus di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 7, p. 3766 - 3793, july 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/30255>. Date accessed: 19 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

strategi pemasaran, ayam petelur, analisis SWOT.