PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MEMODERASI PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

  • Ni Made Intan Wulandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Wiksuana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Corporate Social Responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2015.   Populasi dalam penelitian ini berjumlah 128 perusahaan dan setelah melalui metode purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menjadi 37 perusahaan dengan 185 total pengamatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data annual report yang diunduh dari website BEI. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini menemukan bahwa leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi mampu memoderasi pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan tetapi tidak mampu memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-02
How to Cite
WULANDARI, Ni Made Intan; WIKSUANA, I Gusti Bagus. PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MEMODERASI PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1278 - 1311, mar. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/27466>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

CSR; Nilai Perusahaan; Profitabilitas; Leverage; Ukuran Perusahaan