PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE TERHADAP PERSEPSI RISIKO KONSUMEN

  • Ni Made Riska Dwi Cahyati FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA
  • Kastawan Mandala Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kepercayaan dalam memediasi pengaruh kualitas website e-commerce terhadap persepsi risiko. Sampel yang digunakan sebanyak 120 orang yang dikumpulkan dengan metode non probability sampling berbentuk purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas website dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan dan negatif terhadap persepsi risiko. Kualitas website berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepercayaan konsumen. Kepercayaan secara signifikan memediasi hubungan antara kualitas website terhadap persepsi risiko. Pentingnya peran kepercayaan pada website e-commerce akan berdampak terhadap persepsi risiko konsumen pada website e-commerce.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
mahasiswa
Diterbitkan
2017-02-09
##submission.howToCite##
CAHYATI, Ni Made Riska Dwi; MANDALA, Kastawan. PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE TERHADAP PERSEPSI RISIKO KONSUMEN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 697 - 720, feb. 2017. ISSN 2302-8912. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/27202>. Tanggal Akses: 17 dec. 2025
Bagian
Articles

Kata Kunci

kualitas website, kepercayaan, persepsi risiko