PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE TERHADAP PERSEPSI RISIKO KONSUMEN

  • Ni Made Riska Dwi Cahyati Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  • Kastawan Mandala Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kepercayaan dalam memediasi pengaruh kualitas website e-commerce terhadap persepsi risiko. Sampel yang digunakan sebanyak 120 orang yang dikumpulkan dengan metode non probability sampling berbentuk purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas website dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan dan negatif terhadap persepsi risiko. Kualitas website berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepercayaan konsumen. Kepercayaan secara signifikan memediasi hubungan antara kualitas website terhadap persepsi risiko. Pentingnya peran kepercayaan pada website e-commerce akan berdampak terhadap persepsi risiko konsumen pada website e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-09
How to Cite
CAHYATI, Ni Made Riska Dwi; MANDALA, Kastawan. PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE TERHADAP PERSEPSI RISIKO KONSUMEN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 697 - 720, feb. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/27202>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

kualitas website, kepercayaan, persepsi risiko