ANALISIS PENILAIAN PASAR TERHADAP RETURN SAHAM PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel price earning ratio, market to book value, dan market value added terhadap return saham. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode observasi 2012 hingga 2013. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 33 sampel dari populasi yang berjumlah 34. Untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini digunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel market to book value yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, sedangkan variabel lainnya (price earning ratio dan market value added) menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap return saham pada industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 hingga 2013.
Kata kunci: return saham, price earning ratio, market to book value, market value added