PENGARUH NORMA SUBJEKTIF, PERSONAL ATTITUDE, PERCEIVED BEHAVIOR CONTROL, DAN ASPEK PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT WIRAUSAHA (ENTREPRENEURIAL INTENTION)

  • I Made Yudi Darmawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gede Ketut Warmika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Berwirausaha menjadi hal yang penting bagi perkembangan perekonomian. Berwirausaha dipengaruh oleh seberapa besar minat wirausaha individu, sehingga penting mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat wirausaha.Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh dari norma subjektif, personal attitude, perceived behavior control, dan aspek psikologis terhadap intensi wirausaha. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis di Universitas Denpasar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 105 responden dengan menggunakan metode non probability sampling, dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisisdigunakan adalah regresi linier bergandan. Hasil analisis ditemukan bahwa semua seperti norma subjektif, personal attitude, percevied behavior control, aspek psikologis, subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-24
How to Cite
YUDI DARMAWAN, I Made; WARMIKA, I Gede Ketut. PENGARUH NORMA SUBJEKTIF, PERSONAL ATTITUDE, PERCEIVED BEHAVIOR CONTROL, DAN ASPEK PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT WIRAUSAHA (ENTREPRENEURIAL INTENTION). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 7, july 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/22280>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

norma subjektif, personal attitude, percevied behavior control, aspek psikologis, minat berwirausaha