PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

  • I Gusti Ngurah Gede Rudangga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Gede Merta Sudiarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

 

Meningkatkan nilai perusahaan  merupakan tujuan utama perusahaan  yaitu  dengan cara meningkatkan harga saham. Harga saham yang tinggi akan membuat pasar percaya pada kinerja perusahaan dan prospeknya di masa yang akan datang. Manajer keuangan perusahaan diharapkan mampu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi Nilai perusahaan agar dapat meningkatkan nilai perusahaan serta memakmurkan pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014 yang berjumlah populasi sebanyak 16 perusahaan. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, tujuan menggunakan purposive sampling ialah untuk mendapatkan sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan peneliti .Teknik analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS sebagai pengolahan data. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-17
How to Cite
GEDE RUDANGGA, I Gusti Ngurah; MERTA SUDIARTA, Gede. PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 7, july 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/21920>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

struktur modal, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, profitabilitas.