PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, JAMINAN ASET, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI

  • Ni Kadek Desi Darmayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Ketut Mustanda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, jaminan aset, dan ukuran perusahaan secara parsial terhadap kebijakan dividen pada sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari sumber data sekunder yaitu dari ICMD dan situs resmi www.idx.co.id dengan menggunakan teknik penentuan sampel purposive sampling diperoleh 10 perusahaan sebagai sampel dan metode pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan. Teknis analisis yang digunakan adalah teknis analisis regresi linier berganda dan pengolahan datanya menggunakan SPSS 22.0 for windows. Hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Jaminan aset berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-03
How to Cite
DARMAYANTI, Ni Kadek Desi; MUSTANDA, I Ketut. PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, JAMINAN ASET, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 8, aug. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/20369>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

kebijakan dividen, pertumbuhan penjualan, jaminan aset, ukuran perusahaan