PERAN PROMOSI DALAM MEMEDIASI LINGKUNGAN PEMASARAN ONLINE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ONLINE (STUDI DI KOTA DENPASAR)

  • Cokorda Gede Govinda Partha Universitas Udayana
  • Tjok Gde Raka Sukawati

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran promosi dalam memediasi lingkungan pemasaran online terhadap perilaku pembelian online pada masyarakat Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, sampel yang diambil sebanyak 110 responden dengan metode purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah berupa analisis jalur disertai Uji Sobel digunakan untuk menguji hipotesis yang dirumuskan. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa lingkungan pemasaran online secara positif dan signifikan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen online. Lingkungan pemasaran online berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi. Promosi berpengaruh positif secara signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen online. Terakhir, promosi dapat memediasi secara signifikan lingkungan pemasaran online terhadap perilaku pembelian konsumen online.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2016-05-05
##submission.howToCite##
PARTHA, Cokorda Gede Govinda; SUKAWATI, Tjok Gde Raka. PERAN PROMOSI DALAM MEMEDIASI LINGKUNGAN PEMASARAN ONLINE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ONLINE (STUDI DI KOTA DENPASAR). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 5, may 2016. ISSN 2302-8912. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/18325>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025
Bagian
Articles

Kata Kunci

Lingkungan pemasaran online, promosi, perilaku pembelian online