PENGARUH PENGUMUMAN PERUBAHAN HARGA BBM AWAL PEMERINTAHAN JOKOWI-JK TERHADAP REAKSI PASAR MODAL INDONESIA

  • Shinta Febriyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Henny Rahyuda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan Penelitian  ini  adalah untuk mengetahui pengaruh pengumuman perubahan harga BBM terhadap reaksi pasar dengan melihat perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman perubahan harga BBM. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang masuk dalam LQ 45 periode Agustus 2014 – Januari 2015, menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 perusahaan. Periode jendela peristiwa yang digunakan selama 11 hari dengan teknik analisis data yaitu Wilcoxon Signed Rank. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman kenaikan harga BBM. Pada pengumuman penurunan harga BBM mendapatkan hasil yang menujukkan bahwa tidak terdapat perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-02-15
How to Cite
FEBRIYANTI, Shinta; RAHYUDA, Henny. PENGARUH PENGUMUMAN PERUBAHAN HARGA BBM AWAL PEMERINTAHAN JOKOWI-JK TERHADAP REAKSI PASAR MODAL INDONESIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 2, feb. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/16085>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

pengumuman perubahan harga BBM; abnormal return; trading volume activity; event study

Most read articles by the same author(s)