Variabel-variabel yang Mempengaruhi Yield Obligasi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Ni Wayan Linda Naluritha Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Nyoman Abundanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui signifikansi pengaruh inflasi, tingkat suku bunga, umur obligasi, peringkat obligasi, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas terhadapyieldobligasi korporasi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Penelitian ini dilakukan pada seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 18 perusahaan dengan total obligasi sebanyak 60 obligasi melalui teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi non partisipan dengan teknik analisis data regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa inflasi dan peringkat obligasi berpengaruh negatif signifikan terhadap yield obligasi. Sebaliknya, tingkat suku bunga dan umur obligasi berpengaruh positif signifikan terhadap yield obligasi dan untuk variabel pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap yield obligasi.

Kata kunciyield obligasi, inflasi, tingkat suku bunga, umur obligasi, peringkat obligasi, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-26
How to Cite
LINDA NALURITHA SARI, Ni Wayan; ABUNDANTI, Nyoman. Variabel-variabel yang Mempengaruhi Yield Obligasi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 11, nov. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/14786>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

yield obligasi; inflasi; tingkat suku bunga; umur obligasi; peringkat obligasi; pertumbuhan perusahaan; profitabilitas