PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MIE TELOR CAP DUA AYAM DI BALIKPAPAN

  • Muhamad Nur Khalim Institut Teknologi Kalimantan
  • Muhamad Imron Zamzani
  • Christopher Davito Prabandewa Hertadi Institut Teknologi Kalimantan

Abstract

UMKM Mie Telor Cap Dua Ayam, sebagai salah satu produsen mie skala mikro di Kota Balikpapan. Mie yang populer di masyarakat menciptakan peluang sekaligus tantangan bagi UMKM karena meningkatnya jumlah kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi UMKM tersebut, guna membantu dalam pembuatan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan sampel 60 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan, yaitu SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Analisis SWOT menunjukkan bahwa UMKM berada di kuadran I pada matriks IE, yang menunjukkan kondisi yang menguntungkan dengan kekuatan internal yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang eksternal. Tujuh strategi alternatif diperoleh dari matriks SWOT. Berdasarkan analisis QSPM, strategi yang paling diprioritaskan adalah mengembangkan inovasi kemasan produk dengan memanfaatkan varian produk baru untuk menghadapi persaingan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan inovasi kemasan produk adalah yang paling efektif untuk meningkatkan daya saing dan penjualan. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan oleh UMKM untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan penjualan serta dapat menjadi acuan bagi UMKM lain dalam menghadapi persaingan serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiningrum, L., Yunanda, F., Angelita, T., Mulyaningsih, S., & Puspa, T. (2022). Analisis Strategi Bisnis Kedai Kopi Coffee Latar. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 391–404. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14360
Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719
Anggita, B. P., Kusnandar, & Setyowati. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Mie Pedas Di Surakarta. Jurnal Ekomoni, 11(3), 1–23. https://jurnal.uns.ac.id/agrista/article/viewFile/79181/42048
Atik Nurngaeni. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix. AmaNu: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 4(2), 192–202. https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/amn/article/view/167
Atikah, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus: Restoran Ramen Aboy). Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 6(1), 88–99. https://doi.org/10.33005/mebis.v6i1.208
David, F. R. (2011). Strategic Management: Concepts And Cases. Pearson.
Farras Nasrida, M., Pandahang, A., Febrian, D., Pembangunan, E., & Palangka Raya, U. (2023). JURNAL MANAJEMEN BISNIS KEWIRAUSAHAAN Perkembangan UMKM Di Indonesia Dan Potensi Di Kota Palangka Raya. 2(1). https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v2i1.548
Fernanda, D. H. (2024). Strategi Pemasaran Ekspansi Ekspor Produk Kecap Menggunakan Analisis Quantitative Strategic Planning Matrix Desima. Jurnal Locus, Penelitian & Pengabdian, 3(1), 175–193.
Gürel, E., & Tat, M. (2017). SWOT analysis: A theoretical review. Journal of International Social Research, 10(51), 994-1006.
Harisudin, M., & Qurtubi, Q. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Ekowisata Menggunakan Metode Swot Dan Qspm. Jurnal Disprotek, 14(1), 91–98. https://doi.org/10.34001/jdpt.v14i1.4590
Hasibuan, F. N., Hasibuan, A., & Arfah, M. (2023). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Roti dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM di UMKM Roti Amah. Factory Jurnal Industri, Manajemen Dan Rekayasa Sistem Industri, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.56211/factory.v2i1.359
Hasibuan, S., & Amela, F. (2019). Implementasi Quantitative Strategic Planning Matrix ( Qspm ) Dalam Merencanakan Strategi Pemasaran Pada Usaha Minuman Happy Bubble Drink Di Kota Binjai. Jurnal Bisnis Administrasi (BIS-A), 08(c), 26–36.
Hidayattuloh, T., Herdyan, D., Arga Felani, D., Fatimah, S., Hadi Supratikta, dan, & Pascasarjana Universitas Pamulang, P. (2023). Analisis Strategi Dengan Metode SWOT Dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) Studi Kasus: Lampu Merah Coffee Shop Payakumbuh. Management and Science Proceedings), 3(2), 872–877. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNH
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Ed.). Pearson.
Maulana, M. A., Puspa, T., NurKhoirunnisa, A., Haikal Murzid, M. M., & Simanjuntak, W. A. (2023). Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Pada Ayam Penyet Cabe Ijo “Sinar Karsi.” Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 587–600. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15527
Mauliddin, A. F., & Sumanto, A. (2022). Analisis strategi pengembangan pada koperasi produsen Andamel Mulyo Abadi Kota Batu. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(3), 1402–1413. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i3.2460
Meftahudin, M., Putranto, A., & Wijayanti, R. (2018). Penerapan Analisis SWOT dan Five Forces Porter Sebagai Landasan untuk Merumuskan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Laba Perusahaan (Studi Pada Tin Panda Collection di Kabupaten Magelang). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.209
Musyawarah, I. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Rafli Desa Tarailu Kabupaten Mamuju. 2(1), 1–10. https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/137
Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 225. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.516
Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309
Sari, A. P., & Sulistyawati, L. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Mie Jades. Jurnal Bisnis Indonesia, 12. https://doi.org/10.33005/jbi.v12i2.2897
Setyorini, H., Effendi, U., & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/269
Shrestha, N., et al. (2019). Strategic planning in small and medium enterprises (SMEs): A case study analysis using QSPM. Journal of Business Research, 101, 50-60.
Shrestha, N., Et Al. (2019). Strategic Planning In Small And Medium Enterprises (Smes): A Case Study Analysis Using QSPM. Journal Of Business Research, 101, 50-6
Published
2024-09-26
How to Cite
KHALIM, Muhamad Nur; ZAMZANI, Muhamad Imron; HERTADI, Christopher Davito Prabandewa. PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MIE TELOR CAP DUA AYAM DI BALIKPAPAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 9, p. 1494 - 1507, sep. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/116712>. Date accessed: 01 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i09.p08.
Section
Articles