PERAN CUSTOMER TRUST MEMEDIASI PENGARUH E-WOM DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran customer trust dalam memediasi pengaruh e-WOM dan kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli pada produk MS Glow di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel 130 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM, kredibilitas celebrity endorser, dan customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. E-WOM dan kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust. Customer trust secara parsial memediasi pengaruh e-WOM dan kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli pada produk MS Glow di Kota Denpasar. Implikasi penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan masukan bagi pihak pemasar produk kecantikan MS Glow dalam meningkatkan niat beli dengan mempertimbangkan variabel e-WOM, kredibilitas celebrity endorser, dan customer trust.
Downloads
References
Alvionita, S., & Sutedjo, B. (2021). Pengaruh Celebrity endorsement,Brand Image dan Customer Review terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Produk Kecantikan Scarlett Whitening Kabupaten Brebes). SEIKO : Journal of Management & Business, 4(1), 374–385. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1445
Aprianty, R. D., & Basuki, K. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Consumer Trust Pada Online Shop Fashion Wanita Di Media Sosial Instagram (Studi Pada Generasi Milenial Di Dki Jakarta). Media Studi Ekonomi, 24(1), 2502–6690. http:journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MSE
Apsari, V. (2020). Peran Kepercayaan Sebagai Mediasi Pengaruh E-Wom Negatif Terhadap Niat Beli pada E-Commerce JD.ID. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 332–341.
Aslami, N., Apriani, A., Widayati, C. C., & Losi, R. V. (2022). the Role of Trust in Mediating Perceived Ease of Use, Perceived Risk and E-Wom on Purchase Intention. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 2(2), 69–81. https://doi.org/10.59832/jpmk.v2i2.189
Bali Badan Pusat Statistik. (2022). Rata-rata Konsumsi per Kapita Sebulan Provinsi Bali Menurut Kabupaten/Kota (Rupiah) tahun 2020-2022. Bali.bps.go.id. Diakses pada 19 Desember 2023, dari https://bali.bps.go.id/indicator/52/172/1/pdrb-perkapita-kabupaten-kota-di-provinsi-bali.html
Budiono, G. S., Ernungtyas, N. F., Prisanto, G. F., Irwansyah, I., & Afriani, A. L. (2020). E-Wom Jamu Pada Konsumen Millenials (Studi Eksplanatif Brand Image Dan Purchase Intention Pada Produk Jamu Indoherbal). Jurnal Nomosleca, 6(2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4024
Compas.co.id. (2022). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Diakses pada 1 April 2023, dari https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/
Compas.co.id. (2022). 3 Compas Market Insight Report 1 Semester 2022 Shopee dan Tokopedia. Diakses pada 24 Oktober 2023, dari https://compas.co.id/article/market-insight-report-shopee-tokopedia/
Fachrozie, R., Zulfita, E., Ito Lubis, M., Hazrah, S., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis Islam, F. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Memasuki Pemasaran Global (Studi Kasus : Ms Glow). Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 3(1), 188–201. http://bussman.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/118
Dewi, P. A. I. P., & Purnami N. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 4841-4870.
Faradiba, S. F., & Hussein, A. S. (2022). Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(2), 258-269.
Febriati, I. G. A. U., & Respati, N. N. R. (2020). The Effect of Celebrity Endorser Credibility and Product Quality Mediated by Brand Image on Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 3, 464–470. www.ajhssr.com
Firdaus, M., Aisyah, S., & Farida, E. (2023). Pengaruh customer review, customer rating, dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui kepercayaan di online shop Shopee. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 67-83.
Firman, A., Ilyas, G. B., Reza, H. K., Lestari, S. D., & Putra, A. H. P. K. (2021). The Mediating Role of Customer Trust on the Relationships of Celebrity Endorsement and E-WOM to Instagram Purchase Intention. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(1), 107. https://doi.org/10.24252/minds.v8i1.20594
Hair, J. . F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. In Practical Assessment, Research and Evaluation.
Kameswara, I. G. A. R., & Respati, N. N. R. (2022). Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Ewom terhadap Niat Beli Konsumen pada Sepeda Motor Honda ADV. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(5), 1009-1028.
Lustyani, R. I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Minat Beli Kue Solo Pluffy dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Luthfiyatillah, Nur Millatina, A., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(1), 101.
Mahliza, F. (2020). Exploring Trust in Purchase Intention : Advances in Economics, Business and Management Research, 120(Icmeb 2019), 72–76.
Maulana, R. I. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli Smartphone Vivo Di Kota Tangsel. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(1), 2598-2893.
Novitasari, E., Vedy, N. K., & Rahayu, S. (2022). The Effect Of Celebrity Endorser Credibility And Brand Image On Purchase Intention Moderated By Brand Difference. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(4).
Nugroho, A. T., Praborini, Y., & Maulina, I. (2022). The role of trust as an electronic word of mouth mediation towards the interest in buying clothes online in Keenan Fashion in facebook application users. Enrichment: Journal of Management, 12(5), 4161–4167.
Nurhayati, L., & Nurlinda, R. . (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Customer Online Review pada Minat Beli Melalui Customer Trust di Tokopedia. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(10), 3697–3705. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i10.1507
Purwianti, L., & Niawati. (2022). Analysis of e-WOM, Brand Attitude, Brand Image on Purchase Intention Abstrak. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2356. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1664
Putera, I. W. P., & Warmika, I. G. (2020). The Role Of Brand Image Mediates The Effect Of Electronic Word Of Mouth On NMAX Purchase Intention In Tabanan City. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(3), 97-105.
Putri, C. I. D., & Sudiksa, I. B. (2018). Peran kepercayaan dalam memediasi pengaruh persepsi risiko terhadap niat beli online pada situs Lazada (Doctoral dissertation, Udayana University).
Qonita, S., & Usman, O. (2020). The Effect of Celebrity Endorser, Brand Image and Social Media to Purchase Intentions. Brand Image and Social Media to Purchase Intentions (June 29, 2020).
Rahmanisah, H., & Fadli, J. A. (2022). the Effect of Celebrity Endorsement Credibility on Purchase Intention in Premium Price Food. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 12–28.
Ratnasari, R., Hermawan, A., & Winarno, A. (2023). The Influence of Celebrity Endorser, Brand Image and Service Quality on Purchase Decision in Tokopedia with Consumer Trust as Intervening Variables. Journal of Applied Business, Taxation and Economics Research, 2(6), 619–637. https://doi.org/10.54408/jabter.v2i6.199
Riansyah, R. A., Usman, O., & Febrilia, I. (2023). Pengaruh Price Dan E-Wom Terhadap Purchase intention Wuling Air Ev Yang Dimediasi Oleh Trust. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1345–1352.
Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5164–5181.
Rusiana, D., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(2), 410. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i2.1081
Safitri, A. K., Rizan, M, & Rahmi. (2023). Peranan E-Service Quality, Rates Dan Customer Trust Bagi Repurchase Intention Jasa Kurir. Jurnal Ekonomi, 28(2), 234-254.
Susanti, E., & Lubis, Z. (2022). Niat Beli Ulang Generasi Z Dan Millenial Dalam Menggunakan E-Commerce: ditinjau dari E-wom, Kepercayaan dan Resiko. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 5(3), 550-566.
Tanjung, S. W., & Nurbaiti, N. (2022). Service Quality Analysis of PT. Pos Indonesia (Persero) Sibolga City Branch 22500. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 3(4), 1513-1524.
Tri Putri Utami, N., & Seminari, N. K. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli Smartphone Oppo Nyoman. Manajemen Unud, 7(6), 3144–3171.
Walidaini, B., & Ratnaningrum, N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement, Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Kepercayaan Pelanggan. UPY Business and Management Journal (UMBJ), 1(1), 26-31.
Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. wayan C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, Dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 190–209.
Windyastari, N. Y., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(12), 6932-6960.
Wilia, T. T., & Thabrani, G. (2023). Marketing Management Studies. Marketing Management, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.24036/jkmp.v1i1
Yulianto, M. R., & Soesanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Dan Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Lazada. co. id di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 9(1).