PERAN KESADARAN MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI

  • Akilah Keilani Udayana
  • Ni Made Asti Aksari Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan peran kesadaran merek dalam memediasi pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli pada e-commerce Blibli. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner yang diukur dengan 10 indikator menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis yang diajukan adalah analisis jalur, uji sobel dan uji VAF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli pada e-commerce Blibli, kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli pada e-commerce Blibli, dan kesadaran merek mampu memediasi secara parsial pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli. Kesimpulan dari penelitian ini secara umum membuktikan bahwa kesadaran merek memberi kontribusi yang signifikan terhadap e-commerce yang menggunakan jasa celebrity untuk mengiklankan produk yang dipasarkan dengan tujuan meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli. Implikasi dalam penelitian ini membuktikan bahwa kredibilitas celebrity endorser dan kesadaran merek yang tinggi akan mendorong niat calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Algustin, W., & Matoati, R. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli pada Generasi Z. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 27 (1), hal. 1-12.
Astuti, S. M. K., Lukitaningsih, A., & Hatmanti, L. T. (2021). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Beauty Vlogger, Word of Mouth, Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Emina. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 45–54.
Chinomona, R., & Maziriri, E. (2017). The Influence of Brand Awareness, Brand Association and Product Quality on Brand Loyalty and Repurchase Intention: A Case of Male Consumers for Cosmetic Brands in South Africa. Journal of the Academy of Business and Retail Management (ABRM), 12 (1), hal. 143-154.
Creswell, J. W. (2016). ResearchDesign: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Durianto, D., Sugiarto, Sitinjak, T. (2017). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hanfan, A. (2017). Mengeksplorasi Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Sikap Terhadap Merek. Performance, 24 (1), hal. 42-49.
Hasan, Ali. (2018). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps. Hermawan,
Irvananda, D. P. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan Shopee Versi “12.12 Birthday Sale 2020” Di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee (Survei Pada Followers Instagram @shopee_id). Https://Medium.Com/, 2.
Kertajaya (2016). Marketing in Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kotler, P. & Keller, K.L. (2018), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2019). Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc. Buchari Alma.
Mahyani, D. (2016). Pengaruh Online Shopping Enjoyment dan kepercayaan Konsumen terhadap Pembelian Produk Fashion Hijab di Social Commerce. Repository Upi.Edu, 1–11. Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 13(3), 359–376.
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jmbs/article/view/3379/1804
Nasri, H., & Brawijaya, U. (2020). Brand ambassador. Jurnal Imliah Mahasiswa FEB, 8(02) 2-13.
Ningsih, D. P. (2019). Analisis dampak celebrity endorser dan citra merek terhadap niat beli produk wardah instaperfect (studi pada mahasiswi surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(1), 174–181
Nurjannah, A., & Surianto, M. A. (2022). the Influence of Tiktok, Brand Ambassador, and Brand Awareness on Shopee’S Purchase Interest. Interdisciplinary Social Studies, 1(6), 642–658. https://doi.org/10.55324/iss.v1i6.143
Sari, D. P. A. P. (2019). Pengaruh Celebrity endorser Terhadap Brand Awareness: Jkt48 Pada Iklan Pocari Sweat di Sma Brawijaya Smart School Malang”.
Sutanto, F. (2021). Pengaruh Karakteristik Celebrity endorser Terhadap Minat Beli Produk Mister Cheesy. Performa, 4(3), 425–434. https://doi.org/10.37715/jp.v4i3.1656
Top Brand Index Pada Situs Belanja Online. (2022). https://www.topbrand- award.com/top-brand-index/?tbi_find=BLIBLI
Published
2024-10-25
How to Cite
KEILANI, Akilah; ASTI AKSARI, Ni Made. PERAN KESADARAN MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 10, p. 1538 - 1557, oct. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/105129>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i10.p03.
Section
Articles