PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE (EI) TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA ADHI JAYA SUNSET HOTEL KUTA, BALI
Abstract
Bali yang dulunya merupakan pariwisata budaya, kini mulai dilirik sebagai tempat untuk berbagai pertemuan Internasional maupun lokal yang dikenal dengan istilah MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition). Dengan perubahan tersebut, sumber daya manusia dituntut untuk terus menerus mampu mengembangkan diri secara proaktif, dan perusahaan juga harus memiliki sumber daya manusia yang mempunyai tingkat kepuasan kerja yang memadai sehingga pada akhirnya mampu menampilkan kinerja yang baik. Kinerja seseorang dipengaruhi oleh berbagai hal antara lain emotional intelligence yang terbagi dalam dua dimensi yaitu emotional recognition dan emotional regulation. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh emotional intelligence terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di Adhi Jaya Sunset Hotel, sampel yang diambil sebanyak 75 orang dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 19 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel emotional intelligence berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.