PERAN KEPUASAN MEMEDIASI KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

  • Tasya Husna Alfareza Universitas Udayana
  • I Putu Gede Sukaatmadja Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan zaman menyebabkan banyak jenis usaha bermunculan ditengah kalangan masyarakat Indonesia, salah satu usaha yang saat ini banyak dilakukan adalah bisnis di bidang kuliner. Berbagai macam usaha yang bermunculan menyebabkan persaingan semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan bagaimana kepuasan berperan sebagai mediator antara pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Kober Mie Setan di Kota Denpasar. Penelitian ini melibatkan 140 responden dengan data dikumpulkan melalui kuesioner berdasarkan skala Likert. Metode analisis yang digunakan termasuk path analysis, uji sobel, dan uji VAF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan; kepuasan merupakan variabel mediasi secara parsial pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Kober Mie Setan di Kota Denpasar. Implikasi teoretis dari penelitian ini mendukung konsep teori dan penelitian terdahulu serta kajian terkait teori perilaku konsumen. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pihak manajemen Kober Mie Setan konsisten dalam menjaga kualitas produk yang disajikan dan meningkatkan kepuasan yang berimplikasi terhadap loyalitas pelanggan.


Kata kunci: Kualitas Produk; Kepuasan; Loyalitas Pelanggan


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditia, A. R. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 23–37. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i01.4
Akbar, M. F., Wijoyo, H., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.34007/ebmsj.v1i1.9
Arya Dwi Putri, K. A. A., & Rastini, N. M. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Teh Gelas Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(10), 1771–1791. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i10.p02
Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2022). Number of Restaurant By Regency/Municipality in Bali. Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. https://bali.bps.go.id/statictable/2018/04/13/87/banyaknya-restoran-dan-rumah-makan-dirinci-menurut-kabupaten-kota-di-bali-2012-2019.html
Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7
Bintari, W. P., Udayana, I., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Usability, Information Quality, dan Service Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri). Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 20(1), 68–75. https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.12286
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan kartu prabayar Smartfren di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762–6781.
Diputra, I. G. ngr A. W., & Yasa, N. N. kerti. (2021). The Influence of Product Quality, Brand Image, Brand Trust on Customer Satisfaction and Loyalty. American International Journal of Business Management (AIJBM), 4(01), 25–34.
Febrianty, R. N., & Arnu, A. P. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pengguna Shopee. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 263–269. https://doi.org/10.23887/pjmb.v4i2
Hamdan, & Zambi, M. E. (2022). The Effect of Product Quality, Price, And Quality of Service on Consumer Satisfaction of Kampoeng Duck in Pangkalpinang City. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(3), 1–13.
Haris, D., & Welsa, H. (2018). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). Upajiwa Dewantara, 2(2), 125–139. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.3265
Hartanto, A., & Andreani, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Lingkungan Fisik terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi Di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1), 1–6.
Hoe, L. C., & Mansori, S. (2018). The Effects of Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty: Evidence from Malaysian Engineering Industry. International Journal of Industrial Marketing, 3(1), 20–35. https://doi.org/10.5296/ijim.v3i1.13959
Izzah, F. N., Munfiah, A., Apriliani, S. T., Risdiyanti, V. P., & Pratiwi, R. (2022). Intensitas Kepercayaan Konsumen, Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Customer Chatime Di Mall Ciputra Semarang. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 47–59. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v9i1.5248
Karomah, R., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Rumah Makan Super Geprek Dinoyo Malang). Jurnal Riset Manajemen, 7(11), 25–39.
Koloy, C., Moniharapon, S., & Woran, D. (2022). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pt. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Minahasa Selatan " the Impact of the Quality of Service and Consument Satisfaction To Loyalty of the Consument Pt Tiki Jalur Nugraha Ekak. 790 Jurnal EMBA, 10(1), 781–790.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.
Luthfianti, R., & Dewi, C. K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayan, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pengguna OVO 2019. E-Proceeding of Management, 7(1), 1393–1400.
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.
Marselina, S., & Badri, J. (2022). The Effect of Product Quality, Price and Service Quality on Consumer Satisfaction at Cafe Sava Koffie. Bina Bangsa International Journal of Business And Management, 2(1), 41–53.
Pahlawan, M. R., Nurlia, N., Laba, A. R., Pakki, E., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Makassar. Journal of Applied Business Administration, 3(2), 228–244. https://doi.org/10.30871/jaba.v3i2.1560
Pantun, E., Situmeang, R. R., & Yunawan, T. (2021). The Influence of Price, Product Quality and Service Quality on Consumer Satisfaction in Pt. Mestika Power. Jurnal Mantik, 5(3), 1653–1659.
Putri Wulandari, Z., Awin, W., & Endro, M. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada Marketplace Shopee). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1), 1–14.
Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114
Rahmi, A., Broto, B. E., & Hanum, F. (2022). The Influence of Price and Product Quality on Consumer Satisfaction at Rantauprapat Homesmart. Quantitative Economics and Management Studies (QEMS), 3(5), 674–679. https://doi.org/10.53697/jim.v2i3.888
Rosalina, M., Qomariah, N., & Sari, M. I. (2019). Dampak Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Smartphone. Jurnal Peneltitian IPTEKS, 4(2), 161–174.
Rukhviyanti, N., Dioputra, S., Cepi Barlian, U., & Furqon, M. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Mie Instan Indomie pada Alfamart Cabang Putat. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 13(2), 87–95. https://doi.org/10.37151/jsma.v13i2.70
Sapitri, E., Hayani, I., Kunci, K., Merek, C., Produk, K., Pelanggan, K., & Pelanggan, L. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak Telon Cussons Baby di DKI Jakarta). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.144
Sari, N. M. D. S., & Jatra, I. M. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kfc Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(12), 7349–7369. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i12.p22
Siagian, J. V. S., Suroso, S., & Untari, D. (2021). The Influence of Product Quality, Service Quality and Consumer Satisfaction on Competitive Advantage in the Development of Start Up Coffee Shops. Quest Journals, 9(7), 75–91.
Sitanggang, J. M., Sinulingga, S., & Fachruddin, K. A. (2019). Analysis Of The Effect Of Product Quality On Customer Satisfaction And Customer Loyalty Of Indihome ATPT Telkom Regional 1 Sumatera, Medan, North Sumatra, Indonesia. American International Journal of Business Management (AIJBM, 2(3), 26–37.
Sukmawati, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(2), 130–142.
Sumadi, Tho’in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah , Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 1117–1127. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/2562
Sustiyatik, E., & Setiono, B. A. (2019). Effect on Product, Price, Promotion, and Place to Consumer Loyalty. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhan, 10(1), 75–84.
Syahputra, M. F., Ritonga, H. M., & Lubis, H. (2022). The Influence Of Product Quality, Price And Service Quality On Consumer Satisfaction (Coffeetree Case Study In Medan). International Journal of Economic, Technology and Social Science, 3(2), 199–204.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality and Satisfaction. Andi.
Tussifah, H., & Navitsha, N. P. (2021). The Effect of Product Quality and Service Quality on Consumer Satisfaction at Roya Café Mantingan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(1), 69–86. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i1.10350
Wantara, P., & Tambrin, M. (2019). The Effect of Price and Product Quality Towards Customer Satisfaction and Customer Loyalty on Madura Batik. International Tourism and Hospitality Journal, 2(1), 1–9. https://rpajournals.com/ithj:https://rpajournals.com/ithj
Wicaksana, I. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Usia Muda (the Effect of Digital Marketing and Product Quality on Loyalty Through Satisfaction of Young Customer). Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 18(01), 1–10. http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jmkDOI:http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i2.507
Yandi, E., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Iklan, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Layanan Indihome. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 341–349. https://doi.org/10.32534/jv.v16i2.1840
Yusuf, M., Nurhilalia, & Putra, A. H. P. K. (2019). The impact of product quality, price, and distribution on satisfaction and loyalty. Journal of Distribution Science, 17(10), 17–26. https://doi.org/10.15722/jds.17.10.201910.17
Published
2024-04-30
How to Cite
ALFAREZA, Tasya Husna; SUKAATMADJA, I Putu Gede. PERAN KEPUASAN MEMEDIASI KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 4, p. 558 - 581, apr. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/104723>. Date accessed: 21 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p02.
Section
Articles