PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN WARUNG MAKAN BABI GULING “CANDRA” BERBASIS ANALISIS SWOT
Abstract
Warung Babi Guling “Candra” merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan metode pemasaran, karena pemasaran merupakan kegiatan pokok setiap perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran dari Warung Babi Guling “Candra” dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel variabel eksternal yang dihadapi dan internal yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Warung Makan Babi Guling Candra. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis lingkungan eksternal dan internal (Analisis SWOT). Analisis SWOT menghasilkan kemampuan identifikasi peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan perusahaan yang disajikan dalam Tabel EFAS dan Tabel IFAS. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pemetaan hasil Tabel EFAS dan Tabel IFAS ke dalam Matrik Internal-Eksternal. Hasil analisis menunjukkan bahwa Warung Makan Babi Guling Candra pada matrik I-E berada pada kuadran IV yaitu Strategi growth and build.
Kata kunci: Analisis SWOT, Matrik Internal-Eksternal, Strategi Growth and Build, Strategi Pemasaran
Downloads
References
Alfi, C Husnurrofiq, Abdurrahim. (2016). Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan PT. Berkat Rizki Alam
Angelica, T. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.
Anisa Br Sinulingga, N. (2015). Pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada PT. Citramandiri Lestari Medan. Jurnal Mantik Penusa, 17(1), 60–64.
Akbar, M. J., Qurtubi, Q., & Maghfiroh, M. F. N. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM untuk Meningkatkan Penjualan Beras. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(1), 61-67. https://doi.org/10.30656/intech.v8i1.4595
Arimbawa, AAGBD, Sumantra, IBK., Adnyani, NPAN., Yasa, N.N.K. (2022), Business Strategy In The Restaurant "Pada Wareg Eco Park" Based On Internal-External Matrix, International Journal of Recent Research in Interdiciplinary Sciences , 9 (3), 1-9.
Ashif Jauhar Winarto. (2021). Analisis Swot Sebagai Strategi Dalam Membantu Perekonomian Umkm Jasa Konveksi Anfcreative.Id Di Era Pandemi. Journal of Chemical Information and Modeling, 6 (9).
Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2018). Konsep Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi Dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(2), 151–172. https://doi.org/10.29244/jai.2017.5.2.151-172
David, F. R. (2009). Manajemen Strategis Konsep, Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
David, Aaker. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba. Empat. Jakarta
Farida., Fauziyah, E. (2020). Strategi Pengembangan UKM Jamu Tradisional Madura Ayu. Agriscience, 1 (1), hal. 88-102.
Freddy Rangkuti. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Edisi 20. Cetakan 22. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Jurnal Valuta, 2(2), 286–303. https://doi.org/10.1207/s15327914nc5502_1
Haerawan dan Magang, Y. H. (2019). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Alat Rumah Tangga Di Pt Impressindo Karya Steel Jakarta-Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Volume 5, No. 2.
Hannah Koo Ka-Yin., Chau Leung-Chi., Koo Songbai Liu., &Shu-Chuen Tsui (2011). A Structured SWOT Approach To Develop Strategies For The Government Of Macau, SAR. Journal Of Strategy And Management, 4(1), pp. 62 – 81
Helms, M., & Nixon, J. (2010). Exploring SWOT Analysis – Where Are We Now?: A Review Of Academic Research From Last Decade. Journal of Strategy and Management, 3(3), pp. 215- 251
Hermarani, PA., Sindu KM., Sukaatmadja, IPG., Yasa, N.N.K., (2023), Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Sidan, Kabupaten Gianyar, Bali, Jurnal Pijar Studi Manajemen dan Bisnis, 1 (3)
Holátová, D., & Monika, B. (2013). Basic Characteristics of Small and Medium Sized Enterprises in Terms of Their Goals. International Journal of Business and Social Science, 4(15), pp. 98-103.
Hunger, J David., & Thomas L. Wheelen. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta : Penerbit Andi
Keputusan Presiden (KEPRES) No. 99 Tahun 1998 tentang Bidang/Jenis Usaha yang Dicadangkan Untuk Usaha Kecil dan Bidang/Jenis Usaha Yang terbuka Untuk Usaha Menengah Atau Usaha Besar Dengan Syarat Kemitraan. Ditetapkan 14 Juli 1998
Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran Analisa Perencanaan Implementasi dan pengendalian, Edisi keenam, Jilid II. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta : Erlangga.
Kotler, Phillip, dan Gary Armstrong. (2014). Dasar–Dasar Pemasaran, Terjemahan Drs. Alexander Sindoro. Jakarta: PT. Indeks
Kraus S., Kauranen, I., & Henning, R.C. (2011). Identification of domains for a new conceptual model of strategic entrepreneurship using the configuration approach. Management Research Review, 34(1), 58-74.
Krawjesky, L.J., & Ritzman, L.P. (2002). Operation Management: Strategy and Analysis, Sixth Edition. Prentice Hall International, Inc.
Kusumadmo, E. (2013). Manajemen Strategik-Pengetahuan. Yogyakarta, Indonesia: Cahaya Atma
Kyana, N.L.G.S.M., Tirtamara, A.A.A., Yasa, N.N.K., (2023), Perumusan Strategi Pemasaran Produk Minuman Boba “Mixue” Dengan Menggunakan Matriks Internal Eksternal, Jurnal Pijar Studi Manajemen dan Bisnis, 1 (3), pp. 578-587.
Latief, N., Mandey, S. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Strategi SWOT dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Rumah Makan Padang Raya Santiago Sario Manado. Jurnal EMBA, 9 (2), hal. 1146-1154.
Maharani, NPDT., Suryantari, IAP., Sukaatmadja, IPG., Yasa, N.N.K., (2023), Pengembangan Wisata Spiritual Penglukatan di Pura Tirta Empul, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 8 (1), pp. 32-42.
Marsiti, C. I., Suriani, N., & Sukerti, N. (2019). Strategi Pengembangan Makanan Tradisional Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya Pelestarian Seni Kuliner Bali. Jurnal IKA Vol.17, 132.
Mayang, A dan Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu manajemen. Vol 17 No 2
Namugenyi, C., Nimmagadda, S. L., & Reiners, T. (2019). Design Of A Swot Analysis Model And Its Evaluation In Diverse Digital Business Ecosystem Contexts. Procedia Computer Science, 159, 1145–1154.
Noneng, R.S dan Windy, M.R. (2019). Strategi Pemasaran Melalui Analisis Swot Pada Perusahaan Kopi Lokal. Jurnal Ecopreneur. Vol 2 No 2
Polii, C. S., Moniharapon, S., dan Lintong, D. C. A. (2022). Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Penelitian Café Kelelondey Di Langowan Kabupaten Minahasa). Vol 10 No 4. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43771
Porter, M. E., & Kramer, M. E. (2006). Strategi dan Masyarakat: Hubungan Antara Keunggulan Kompetitif dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. The Free Press.
Prasojo D. L. (2018). Management Strategi, Edition 1. Yogyakarta: UNY Press.
Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan dan Kalolondo Salatiga. Among Makarti, 5(9), 13–28. https://doi.org/10.1007/BF02532975
Puspasari, A dan Adawia, P. R. (2020). Strategi Penjualan Sepatu Dengan Metode Analisis Swot Di Era Pandemic Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 17 No 2. DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v17i2.7465
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, F. (2015) Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Rudjito. (2003). Strategi Pengembangan Umkm Berbasis Strategi Bisnis, Makalah Yang Di Sampaikan Pada Seminar Peran Perbankan Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama Lemhanas RI Dengan BRI.
Setyorini, H., Effendi, M., dan Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Vol 5 No 1. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6
Sidik, R. (2020). Strategi Bersaing Dengan Metode SWOT Pada UKM Kerajinan Tas Purnama Tanggulangin. Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik, 1(2), hal. 56-67.
Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31-39
Wardana, IM, Yasa, N.N.K., Ekawati, NW., (2022), Business Strategy Formulation In The Era Of The Covid-19 Pandemic Threat Through The SWOT Correlative Interpretation and Qspm Approach in SMEs Based on Local Wisdom, International Journal of Economics, Commerce and Management, 10 (3), 246- 265
Widani, MA., Perkasa, IGTD, Widiasih, NLPS., Yasa, N.N.K. (2022), Business Development Strategy in PT. Revolver Love Coffee, Badung Regency, Bali: Based on SWOT Analysis, International Journal of Recent Research in Interdiciplinary Science (IJRRIS).
Wicaksono, A. (2018). Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik. Vol. 1 No. 2, PP: 195-201
Yasa, N. N. K., Yuniari, W., Sari, R. M., Devi., A. A. D. T., & Jayantari, I. A. A. U. (2020). Strategi Peningkatan Internasional pada UKM Kerajinan Kayu di Kabupaten Gianyar. Buletin Studi Ekonomi, 25 (1), hal. 153-165.
Yasa, N.N.K., (2016), Manajemen Strategik, Denpasar, Udayana Press.
Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.