PERAN BRAND LOVE MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP POSITIF WORD OF MOUTH PADA MASSIMO GELATO

  • Ni Putu Ageng Suda Indrayani FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA
  • I Gde Ketut Warmika Universitas Udayana

Abstract

Dunia kuliner saat ini sangat berkembang pesat khususnya pada minuman dan es krim sebagai dessert & beverage. Hal ini menimbulkan persaingan diantara pelaku usaha untuk menjadi yang terbaik dalam bidangnya, termasuk pada Massimo Gelato Restaurant. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran brand love dalam memediasi pengaruh brand image terhadap positif word of mouth. Penelitian ini melibatkan 130 responden yang merupakan konsumen Massimo Gelato di Denpasar dimana jawaban responden dikumpulkan secara online melalui formulir Google Form. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap positif word of mouth, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love, brand love berpengaruh positif dansignifikan terhadap positif word of mouth, dan brand love memediasi secara parsial hubungan antara brand image dan positif word of mouth pada produk Massimo Gelato.


Kata kunci: Brand Image; Brand Love; Positif Word of Mouth; Massimo Gelato

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A., Biel, A., & Alexander, L. (1993). Brand Equity & Advertising: Advertising’s Role In Building Strong Brands. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Anwar, A., & Jalees, T. (2020). Brand Orientation and WOM: Mediating Roles of Brand Love. Journal of Management Sciences, 7(1), 14–30.
Aryatilandi, S., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Analisis Word Of Mouth Dan Brad Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Sukabum. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(1), 54–65.
Aulianda, M. (2020). Pengaruh Brand Experience dan Brand Image Terhadap Willingness to Pay A Price Premium Dengan Brand Love Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pemilik Mobil Merek Honda HRV di Samarinda). Jurnal Riset Entrepreneurship, 3(2), 71–79.
Bambang, B., Lubis, A. R., & Darsono, N. (2017). Pengaruh Brand image, Brand personality, brand experience terhadap brand love dampaknya pada brand loyalty Gayo Aceh Coffee PT. Oro Kopi Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Perspektif Manajemen Dan Perbankan, 8(3), 1–9.
Carroll, B. A., & Ahuvia, A. C. (2006). Some antecedents and outcomes of brand love. Marketing Letters, 17(2), 79–89.
Cerdasco. (2020). Citra Merek: Definisi, Contoh, Pentingnya dan Cara Menciptakannya. Cerdasco. https://cerdasco.com/citra-merek/
Clara, C. (2019). Customer Brand Relationship: Peran Brand Love Terhadap Brand Commitment Dan Positive Word Of Mouth. Buletin Ekonomi, 17(1), 29–46.
Dwiputranto, M. R. H., Alwie, A. P., & Marhadi, M. (2017). Pengaruh Brand Image dan Product Quality Terhadap Brand Love dan Brand Loyalty Pada Pengguna Mobil Honda Jazz di Kota Pekanbaru. JOM Fekon, 4(1), 297–310.
Elseidi, R. I., & Dina, E.-B. (2016). Electronic word of mouth effects on consumers’ brand attitudes, brand image and purchase intention: an empirical study in Egypt. The Business and Management Review, 7(5), 514–523.
Erawan, P. Y. P., & Widagda, I. G. N. J. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Word of Mouth Yang Dimediasi oleh Customer Satisfaction. E-Jurnal Manajemen, 9(8), 3301–3320.
Firmansyah, A. (2019). Pemasan Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Qiara Media.
Giantari, I. G. A. K., Utama, I. P. H. B., & Wardani, N. L. D. A. (2020). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Word of Mouth. JUIMA: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 54–61.
Hair, J., Risher, J., Sarstedt, M., & Ringle, C. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Hughes, J. (2005). The Role of Teacher Knowledge and Learning Experiences in Forming Technology-Integrated Pedagogy. Journal of Technology and Teacher Education, 13(2), 277–302.
Islam, A. D. D. (2020). Pengaruh Brand Love Terhadap Word of Mouth Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muda. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 5(2), 140–152.
Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning, 30(4), 460–476.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Licorice. (2020). How Much Do Indonesian People Like to Eat Ice Cream? Let’s Find Out. Licorice. http://report.licorice.pink/blog/indonesia/how-much-do-indonesian-people-like-to-eat-ice-cream-lets-find-out/
Lumba, M. G. (2019). Peran Brand Love Terhadap Brand Loyalty Dan Willingness to Pay Premium Price pada Pembeli Iphone di Surabaya. Agora, 7(1), 201–208.
Naufal, M. H., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Love terhadap Purchase Decision melalui Word of Mouth. Management Analysis Journal, 6(4), 377–387.
Pontinha, V. M., & Coelho, do V. R. (2020). Brand love measurement scale development: an inter-cultural analysis. Journal of Product & Brand Management, 29(4), 471–489.
Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Malang : Universitas Brawijaya Press.
Raharjo, R. M., & Mulyanto, H. (2018). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Minat Beli Konsumen Keripik Singkong. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 15(1), 109–110.
Samatha, P. G. (2018). Pengaruh Excitement, Brand Image, Brand Love Terhadap Word Of Mouth Merek H&M Di Surabaya. CALYPTRA, 7(1), 1714–1729.
Satria, H. W., & Hidayat, D. P. (2018). Does Brand Loveadn Brand Image Have A Strong Impact on WOM? (Evidance from The Indonesian Vocational School). Kne Social Sciences, 2(2), 320–346.
Sernovizt, A. (2012). Word of Mouth Marketing: How Smarts Companies People Talking. Chicago: Kaplan Publishing.
Simamora, B. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sternberg, R. (2022). Duplex Theory of Love: Triangular Theory of Love and Theory of Love as a Story. Robertjsternberg. 26 Februari 2022
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Theodores, T. N. (2021). Analisis Pembentukan Brand Love Pada Konsumen Online Art Merchandise (Studi Kasus Pada Konsumen Online Art Merchandise Lokal Merek jellipeach). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1–9.
Zulharman, P. H. L., & Utami, S. T. E. of P. (2020). Brand Image And Product Quality On Customer Satisfaction And Word Of Mouth Of Epson Brands In Southwest Aceh District. International Journal of Business Management and Economic Review, 3(1), 310–317.
Published
2024-04-30
How to Cite
INDRAYANI, Ni Putu Ageng Suda; KETUT WARMIKA, I Gde. PERAN BRAND LOVE MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP POSITIF WORD OF MOUTH PADA MASSIMO GELATO. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 4, p. 663 - 681, apr. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/104027>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p07.
Section
Articles