PENGARUH JAM KERJA, LAMA USAHA, LOKASI USAHA, DAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jam kerja, lama usaha, lokasi usaha dan penggunaan digital marketing terhadap pendapatan usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 99 responden dan menggunakan metode penentuan sampel yaitu teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan jam kerja, lama usaha, lokasi usaha dan penggunaan digital marketing berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar. Jam kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan sedangkan lama usaha secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pendapatan usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar. Pelaku usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar yang berlokasi di klaster memperoleh rata-rata pendapatan lebih banyak dibandingkan dengan berlokasi di luar klaster dan pelaku usaha yang menggunakan digital marketing memperoleh rata-rata pendapatan lebih banyak dibandingkan dengan tidak menggunakan digital marketing.
Kata kunci: Pendapatan; Jam Kerja; Lama Usaha; Lokasi Usaha; Penggunaan Digital marketing