PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMILIHAN PRODUK KECANTIKAN OLEH KONSUMEN WANITA
Abstract
Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam industri kecantikan terus meningkat sebagai sarana membantu para konsumen dalam pemilihan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness dan norma subjektif terhadap niat untuk menggunakan teknologi AI pada pemilihan produk kecantikan. Wanita dewasa muda menjadi fokus subjek pada penelitian ini sebagai target market terbasar dari industri kecantikan. Sebanyak 105 responden menjadi sampel dalam penelitian kuantitaif dengan metode purposive sampling. Pengolahan data menggukan aplikasi Smart-PLS menghasilkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness dan norma subjektif secara signifikan berpengaruh terhadap niat untuk menggunakan teknologi AI. Disisi lain norma subjektif tidak berpengaruh terhadap perceived usefulness.
Kata kunci: kecerdasan buatan, norma subjektif, persepsi kemudahaan penggunaan, persepsi kebermanfaatan