PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND SATISFACTION DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY FINANCIAL: E-WALLET

  • I Gusti Bagus Ngurah Divta Ananta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Rsi Respati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Indonesia

Abstract

Banyaknya perusahaan dalam negeri di industri fintech, menjadikan aplikasi e-wallet masih menjadi primadona untuk solusi cashless di Indonesia. LinkAja merupakan penyedia jasa pembayaran berbasis server yang merupakan produk dari PT. Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan telah terdaftar di Bank Indonesia. Dengan banyaknya persaingan e-wallet di Indonesia, LinkAja harus menetapkan langkah strategi yang efektif agar dapat menciptakan dan menumbuhkan brand loyalty yang positif di benak pengguna LinkAja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh brand image, brand satisfaction, dan brand trust terhadap brand loyalty. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner menggunakan Google form. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, brand satisfaction berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap brand loyalty, brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty.


Kata kunci: Brand Image; Brand Satisfaction; Brand Trust; Brand Loyalty

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-30
How to Cite
NGURAH DIVTA ANANTA, I Gusti Bagus; RSI RESPATI, Ni Nyoman. PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND SATISFACTION DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY FINANCIAL: E-WALLET. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 8, p. 733 - 777, aug. 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/102423>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i08.p01.
Section
Articles