Perilaku Beralih Konsumen Jasa Operator Axis di Kota Denpasar

  • Ratna Aristiya Dewi Anggraeni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Agung Ketut Gede Suasana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh consumer dissatisfaction terhadap switching behavior, pengaruh service encounter failure terhadap switching behavior, serta peran variety seeking dalam memoderasi pengaruh consumer dissatisfaction terhadap switching behavior. Sampel ditentukan dengan purposive sampling dengan kriteria responden merupakan pengguna layanan jasa operator AXIS yang sudah beralih dan berdomisili di Kota Denpasar serta berpendidikan minimal SMA. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 124 responden dengan menggunakan teknik analisis MRA (Moderate Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: consumer dissatisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap switching behavior, service encounter failure berpengaruh positif dan signifikan terhadap switching behavior, dan variety seeking mampu menjadi variabel moderasi, namun memperlemah pengaruh consumer dissatisfaction terhadap switching behavior. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan manajemen AXIS dapat meningkatkan kekuatan dan jangkauan sinyal, meningkatkan kualitas pelayanan dan etika kepada setiap karyawan AXIS, memperhatikan kemutakhiran dan inovasi, tidak menyasar kelompok remaja serta melakukan pengkajian lebih lanjut dalam menentukan strategi pemasaran.

Kata Kunci: consumer dissatisfaction, service encounter failure, variety seeking, switching behavior.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-10
How to Cite
DEWI ANGGRAENI, Ratna Aristiya; SUASANA, I Gusti Agung Ketut Gede. Perilaku Beralih Konsumen Jasa Operator Axis di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 12, dec. 2014. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/10022>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

consumer dissatisfaction, service encounter failure, variety seeking, switching behavior.

Most read articles by the same author(s)