Rancang Bangun Game Tapel Bali Pada Platform Android

Main Article Content

I Dewa Made Yuda Aditya Putra AA Kt Agung Cahyawan Wiranatha Putu Wira Buana

Abstract

Perkembangan teknologi membuat game dapat diaplikasikan pada Smartphone Android yang mendukung fungsi touchscreen. Game dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mendukung pelestarian budaya dan meningkatkan kecintaan terhadap budaya. Game Tapel Bali bertujuan untuk mengenalkan Tapel Bali ke masyarakat luas terutama tapel yang sudah jarang ditemui. Game Tapel dapat mengenalkan atau mendeskripsikan Tapel Bali sesuai data yang benar dan valid dari sumber-sumber tentang budaya lokal Tapel Bali. Hasil yang didapat dari Game Tapel Bali adalah game dengan alur permainan dan desain yang menarik sesuai dengan hasil survey yaitu 73% kriteria baik dari aspek grafis dan 60% kriteria baik dari aspek entertainment. Game Tapel Bali menghasilkan sebuah game dengan 12 level permainan yang terdiri dari Tapel Drama, Tapel Calonarang, Tapel Wayang, dan Tapel Barong. Pemain yang berhasil menyelesaikan setiap level memperoleh informasi mengenai tapel yang berhasil diselesaikan. Game Tapel Bali dapat dimainkan tanpa error pada device Android dengan berbagai dimensi layar.


Kata kunci: Game untuk Android, Tapel Bali, Corona SDK, Lua, Budaya Lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MADE YUDA ADITYA PUTRA, I Dewa; KT AGUNG CAHYAWAN WIRANATHA, AA; WIRA BUANA, Putu. Rancang Bangun Game Tapel Bali Pada Platform Android. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, [S.l.], p. 1-12, nov. 2015. ISSN 2541-5832. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/lontar/article/view/16582>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Keywords
Game untuk Android; Tapel Bali; Corona SDK; Lua; Budaya Lokal
Section
Articles

References

[1] Krisnawan, Dani. “Rancang Bangun Game Edukasi Lawar Bali Pada Platform Android”. Jimbaran: Teknologi Informasi Universitas Udayana; 2013.
[2] Uardana, I Wayan. “Struktur Rupa Topeng Bali Klasik”. Yogyakarta: FBS.Universitas Negeri Yogyakarta; 2008.
[3] http://www.android.com/history/, diakses pada tanggal 5 Maret 2015
[4] Burton, B. “Learning Mobile Application & Game Development with Corona SDK”. Abilene, Texas, United States of America. 2013.
[5] Roger, Risk. “Learning Android Game Programming”. 2011.