Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Promosi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Bermacam teknologi telah diciptakan untuk berbagai keperluan dan pada berbagai bidang ilmu,salah satunya pada bidang media promosi. Promosi sangat penting bagi suatu instansi untukmenawarkan atau memperlihatkan barang atau sarana yang terdapat pada instansi.Augmented Reality (AR) adalah gabungan antara benda maya dua dimensi maupun bendamaya 3 dimensi dalam sebuah lingkungan nyata 3 dimensi. Penelitian ini membahasAugmented Reality sebagai media promosi berbasis android dimana dalam penelitianmenggunakan metode “Markerless”. Dengan penggunaan metode markerless untukmenampilkan objek dalam bentuk AR, user tidak harus menggunakan marker untukmenampilkan objek digital. Dari hasil pengujian didapatkan hasil apabila marker berbentuk bulatmaka AR akan bergerak saat dijalankan karena tracking objek mengikuti sisi marker. Apabilamarker berupa tulisan maka saat dijalakan AR kadang muncul dan kadang tidak karena trackingobjek berada diantara spasi tulisan. Selain itu objek 3 dimensi harus diletakan tepat diatasmarker agar saat aplikasi dijalankan AR berada tepat diatas marker.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##plugins.generic.usageStats.noStats##
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
##submission.howToCite##
BAKTI KUSUMA NEGARA, I Made Bayu; WIRA BUANA, Putu; ALIT SWAMARDIKA, Ida Bagus.
Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Promosi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana.
Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-16, oct. 2014.
ISSN 2684-9186.
Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/19600>. Tanggal Akses: 25 apr. 2025
Kata Kunci
Augmented Reality, Android, Markerless Augmented Reality, Augmentasi Virtual
Terbitan
Bagian
Artikel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.