Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Promosi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana

Main Article Content

I Made Bayu Bakti Kusuma Negara Putu Wira Buana Ida Bagus Alit Swamardika

Abstract

Bermacam teknologi telah diciptakan untuk berbagai keperluan dan pada berbagai bidang ilmu,salah satunya pada bidang media promosi. Promosi sangat penting bagi suatu instansi untukmenawarkan atau memperlihatkan barang atau sarana yang terdapat pada instansi.Augmented Reality (AR) adalah gabungan antara benda maya dua dimensi maupun bendamaya 3 dimensi dalam sebuah lingkungan nyata 3 dimensi. Penelitian ini membahasAugmented Reality sebagai media promosi berbasis android dimana dalam penelitianmenggunakan metode “Markerless”. Dengan penggunaan metode markerless untukmenampilkan objek dalam bentuk AR, user tidak harus menggunakan marker untukmenampilkan objek digital. Dari hasil pengujian didapatkan hasil apabila marker berbentuk bulatmaka AR akan bergerak saat dijalankan karena tracking objek mengikuti sisi marker. Apabilamarker berupa tulisan maka saat dijalakan AR kadang muncul dan kadang tidak karena trackingobjek berada diantara spasi tulisan. Selain itu objek 3 dimensi harus diletakan tepat diatasmarker agar saat aplikasi dijalankan AR berada tepat diatas marker.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
BAKTI KUSUMA NEGARA, I Made Bayu; WIRA BUANA, Putu; ALIT SWAMARDIKA, Ida Bagus. Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Promosi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana. Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-16, oct. 2014. ISSN 2684-9186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/19600>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Keywords
Augmented Reality, Android, Markerless Augmented Reality, Augmentasi Virtual
Section
Articles