Peningkatan Kemampuan Penggunaan Kohesi Gramatikal dan Leksikal Melalui Teknik Graphic Organizer dalam Karangan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Ikip Saraswati Tabanan
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan kohesi gramatikal dan leksikal pada karangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Sarasawati Tabanan. Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan graphic organizer sebagai teknik dalam mendukung kemampuan mahasiswa menggunakan alat-alat kohesi. Ad tiga tahapanan, yakni tahapanan pratindakan, siklus 1, dan siklus2. Pada tahapan pratindakan, penggunaan kohesi dalam karangan mahasiswa berjumlah 558 dari kalimat atau satuan topik sebanyak 195 buah. Dari total 558 kohesi, terdapat 439 penggunaan kohesi yang benar dan 119 penggunaan kohesi yang salah. Nilai rerata yang didapat pada tahapanan pratindakan ini adalah 78 dengan predikat baik (B). Pada pelaksanaan siklus 1, penggunaan kohesi meningkat sebanyak 670 kohesi dari satuan topik sebanyak 3.702 kalimat. Pada tahapan ini, terdapat 610 penggunaan kohesi benar dan 87 penggunaan kohesi salah. Nilai rerata yang diperoleh mahasiswa adalah 88.2 dengan predikat amat baik (A). Peningkatan penggunaan kohesi berlanjut pada siklus 2 dengan penggunaan kohesi sebanyak 726 dari kalimat atau satuan topik sebanyak 3.842 buah. Penggunaan kohesi yang benar tercatat sejumlah 651 sementara kohesi yang salah sejumlah 75. Nilai rerata yang diperoleh mahasiswa adalah 89 dengan predikat amat baik (A).
Kata kunci: kohesi gramatikal dan leksikal, graphic organizer, karangan mahasiswa