PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN BERAS DALAM HAL TERJADINYA SHORTWEIGHTING
Abstract
Studi ini memiliki tujuan yaitu mengetahui dan menentukan bentuk perlindungan hukum serta tanggung jawab pelaku usaha atas kerugian konsumen beras dari tindakan shortweighting. Metode penulisan yang dipakai adalah yuridis normatif dengan kata lain merupakan bentuk penelitian kepustakaan dengan memakai pendekatan perundang-undangan serta fakta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shortweighting merupakan salah satu bentuk praktik penjualan yang dilarang dalam pasal 8 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen karena berat barang sesungguhnya kurang dari yang disebutkan dalam label kemasan, sehingga Konsumen beras yang dirugikan akibat praktik tersebut wajib mendapatkan perlindungan hukum atas haknya baik bersifat preventif dan represif. Berdasarkan pasal 19 pelaku usaha memiliki tanggung jawab memberikan ganti rugi baik berbentuk pengembalian uang maupun penggantian barang berupa produk beras dengan berat bersih yang sesuai dengan keterangan di label kemasan. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Tanggung Jawab, Shortweighting ABSTRACT This study has the aim of knowing and determining the form of legal protection and the responsibility of business actors for losses to rice consumers from shortweighting actions. Writing method employed is normative juridical, which is a sort of library research that employs a legislative and factual approach. The results of study indicate that shortweighting is a form of sales practice that is prohibited in article 8 paragraph (1) by law No. 8 of 1999 concerning Consumer Protection because the truth weight in the goods is lower than the weight listed label on the packaging. So for consumers who are harmed are obliged to obtain legal protection for their right both preventive and repressive. Based on articles 19, business actors have the responsibility to compensation be provided in the shape of refunds or replacement of item of rice products with a net weight in accordance with the information on the packaging label. Keywords: Consumer Protection, Responsibility, Shortweighting